ALGORITMA
Algoritma
merupakan metode umum yang digunakan untuk menyelesaikan kasus-kasus tertentu
. Dalam menuliskan algoritma, dapat digunakan
bahasa natural atau menggunakan notasi matematika, sehingga
masih belum
dapat dijalankan pada komputer.
PROGRAM
Program
adalah formulasi sebuah algoritma dalam bentuk bahasa pemrograman, sehingga
siap untuk dijalankan pada mesin komputer.
BAHASA
PEMROGRAMAN
Bahasa
pemrograman adalah bahasa buatan yang digunakan untuk mengendalikan perilaku
dari sebuah mesin, biasanya berupa mesin komputer, sehingga dapat digunakan
untuk memberitahu computer tentang apa yang harus dilakukan.
FLOWCHART
Dalam
membuat algoritma, diperlukan suatu mekanisme atau alat bantu untuk menuangkan
hasil pemikiran mengenai langkah-langkah penyelesaian masalah yang sistematis
dan terurut. Pada dasarnya untuk bias menyusun solusi diperlukan kemampuan
problem-solving yang baik. Oleh
karena
itu, sebagai sarana untuk melatih kemampuan tersebut terdapat sebuah alat yang
dapat digunakan, yaitu flowchart. Secara formal, flowchart didefinisikan
sebagai skema penggambaran dari
algoritma atau
proses.
Pengambilan
Keputusan
Pengambilan
keputusan perlu dilakukan apabila harus menentukan satu pilihan dari (minimal)
dua pilihan yang ada. Dalam hal mengambil keputusan, perlu diketahui kondisi
yang sedang dihadapi. Kondisi ini bias berupa pernyataan boolean atau proses
perbandingan. Dalam flowchart, simbol yang digunakan untuk pengambilan
keputusan adalah berbentuk belah ketupat.Simbol
pengambilan keputusan Simbol pengambilan keputusan hanya memiliki satu buah
input dan dua buah output yang digunakan untuk memfasilitasi hasil dari
pengujian kondisi, yaitu
“Ya” atau
“Tidak”, “True” atau “False”.
Pengulangan
Proses
Pada
kasus yang berhubungan dengan pengolahan informasi menggunakan komputer,
terdapat proses-proses yang harus dilakukan secara berulang, mulai dari input
data, proses dan output. Program yang baik adalah program yang bisa mengoptimalkan
kinerja komputer, dengan cara menggunakan kembali program atau sekumpulan
program dengan proses tertentu. Atau dengan kata lain terdapat bagian program
yang dapat dipanggil/digunakan secara berulang-ulang. Hal ini akan mempermudah
pekerjaan
programmer dalam menghasilkan solusi.
Contoh nya
adalah menampilkan data sebanyak 100 baris tanpa harus menggunakan proses
output sebanyak 100 kali. Metode yang digunakan adalah pengulangan. Dalam
proses pengulangan terdapat 3 (tiga) hal penting, yaitu:
1.
Inisialisasi (penentuan kondisi/nilai awal)
2.
Proses
3.
Kondisi berhenti
Untuk
kasus menampilkan data, dapat ditentukan bahwa jumlah baris yang akan dibaca
adalah 100. Baris akan dibaca mulai dari baris pertama (baris = 1). Proses yang
dilakukan adalah membaca dan menampilkan isinya ke layar (output). Pembacaan
akan berhenti jika baris yang dibaca sudah mencapai
baris
ke-100. Jika digambarkan menggunakan flowchart maka, akan tampak sebagai
berikut :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar